Pages

09 September 2011

Rossi Tolak Tantangan Checa untuk Duel di Superbike

MUGELLO, Kompas.com - Valentino Rossi menolak tawaran untuk tampil di World Superbike pada akhir tahun ini untuk Ducati, meskipun dia mendapat wildcard. "The Doctor" mengatakan bahwa dia masih sedang fokus menghadapi MotoGP musim ini.

Juara dunia sembilan kali grand prix ini ditantang oleh pemimpin klasemen sementara WSB, Carlos Checa, untuk berduel di Imola yang akan berlangsung pada 25 September mendatang, pekan antara GP Motorland Aragon dan Twin Ring Motegi. Checa memberikan undangan itu karena tahu bahwa Rossi sedang "nganggur".

Namun Rossi, yang sedang berjuang keras untuk memperbaiki performa Ducati sehingga lebih kompetitif dalam sisa MotoGP musim 2011 ini, mengatakan dirinya tak mungkin memenuhi undangan pebalap Spanyol tersebut. Meskipun dia sudah pernah menegaskan keinginannya untuk bersaing di World Superbike suatu saat nanti, tetapi Rossi mengatakan bahwa hal tersebut (tampil di Superbike) harus di luar jadwal MotoGP.

Sebelumnya, Rossi juga pernah mendapat "kartu liar" untuk melawan Troy Bayliss di seri Qatar, bersama Yamaha, pada tahun 2009. Akan tetapi, pabrik Jepang tersebut menolak permintaannya untuk menunggang sebuah motor pabrik R1.

Rossi mengatakan: "Ini adalah ide yang baik, dan saya suka. Tetapi itu selalu sulit untuk kalender. Dulu, saya selalu nyaris tampil di balapan WSB, terutama pada tahun 2009. Ada balapan di Qatar, tetapi Yamaha mengatakan kepada saya mereka memiliki R1 baru, sehingga mereka tidak memiliki banyak uang dan mereka tidak yakin.

"Saya ingin melakukannya, tetapi saya lebih senang kalau di luar kalender. Selama musim tersebut jadwalnya padat. Jadi, mengapa tidak di waktu yang akan datang, dan karena mungkin kami bisa lebih senang dari pada di sini."

Rossi juga menolak ide mengenai pelaksanaan WSB dan MotoGP di waktu yang berbeda, sebagaimana telah dibahas sebelumnya.

Rencana untuk mengampanyekan WSB selama musim dingin, dan MotoGP selama musim panas, telah diperdebatkan. Tetapi Rossi mengatakan: "Saya sudah mendengar tentang ide ini dari dua tahun lalu, tetapi mungkin hal tersebut memiliki beberapa poin baik, dan buruk. Mungkin lebih sulit bagi WSB jika berlangsung pada musim dingin, dalam menemukan tempat yang tepat untuk balapan. Saya ingin mencoba ikut satu balapan, tetapi jika WSB di musim dingin, maka saya tidak ikut dua kejuaraan. Itu terlalu banyak."

0 komentar:

Post a Comment